Salah satu hal yang bisa menjadi penyebab anak susah makan

 

Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum - Cara mengatasi anak susah makan ini gampang-gampang susah, diperlukan ketelatenan dan kesabaran bagi ibu untuk mengatasi anaknya yang susah makan. Anak yang susah makan biasanya lebih suka ngemil atau memakan jajanan tidak sehat, sehingga hal itu bisa membahayakan kesehatannya. Berikut ini tips mengatasi anak yang susah makan :

1. Mengenalkan Makanan pada Waktu yang Tepat

Salah satu hal yang bisa menjadi penyebab anak susah makan terutama di saat balita adalah ibu memiliki waktu yang salah untuk mengenalkan makanan kepada anaknya. Kadang ibu tidak sabar untuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bula,  hal itu dikarenakan ibu yang kewalahan dalam memberikan ASI kepada bayinya. Ibu memutuskan untuk memberikan MPASI secara dini. Akibatnya bayi saat menginjak usia yang lebih besar akan merasa jenuh dengan makanan.

Ada kasus dimana anak balita jenuh melihat nasi karena, terlalu seringnya dia makan nasi. Akhirnya anak balita tersebut merasa bosan dengan nasi. Memberikan MPASI di waktu yang tepat bisa menghindarkan anak dari rasa jenuh terhadap makanan.

2. Memberikan Variasi Menu

Saat hamil pun ibu akan merasakan jenuh jika disajikan dengan makanan sehat untuk ibu hamil yang yang itu-itu saja, apalagi dengan anak kecil. Anak kecil pun akan merasakan jenuh jika memakan jenis makanan yang sama setiap harinya. Ibu dituntut untuk bisa menyajikan menu yang berbeda setiap harinya. Misalnya saja hari senin menu sayur dengan telur mata sapi, maka hari selasa menunya harus berbeda. Ibu bisa menyajikan menu sayur dengan tahu tempe dan lain sebagainya.

Langkah Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum Kenalkan makanan padat diusia tepat. Berikan secara bertahap dari mulai makanan semi padat dan bertekstur hingga makanan padat agar pencernaan mereka mulai belajar mengenali dan mencerna jenis makanan tersebut.

5. Berikan makanan bervariasi. Sajikan berbagai jenis makanan dengan bervariasi untuk menghindari kebosanan. Mengkombinasikan beberapa jenis makanan dapat dilakukan untuk membuat menu dercitarasa baru.

6. Sajikan dengan menarik. Penampilan makanan yang berwarna-warni atau dibentuk seperti karakter kesukaan si kecil dapat juga dilakukan untuk menarik minat makan si kecil. Gunakan pula alat makan yang menarik agar mereka mau terlibat secara aktif dalam acara makan mereka.

7. Suasana makan yang menyenangkan. Makan bersama keluarga yang hangat dan menyenangkan sedikit banyak dapat mengkondisikan si kecil agar mau menerima makanan yang sudah disiapkan. Jika diperlukan, beri makan si kecil sambil bermain disekitar rumah.

(Baca juga: Resep jus brokoli untuk optimalkan pertumbuhan si kecil)

8. Sediakan cemilan sehat. Makanan selingan atau cemilan dengan kandungan nutrisi berimbang dan porsi yang tepat dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka. Buah, roti, keju, agar-agar, atau jeli adalah beberapa jenis makanan yang dapat dijadikan cemilan bagi si kecil.
Penyebab 4 : Sedang pilek dan batuk

Penyebab anak sulit makan bisa dikarenakan oleh kondisi tubuh mereka yang tidak stabil slam artian anak sedang tidak enak badan seperti batuk dan pilek.Susah makan yang sifatnya sederhana (misalnya karena sedang sakit) biasanya tidak sampai menunjukkan dampak yang berarti pada kesehatan dan tumbuh kembang anak. Dampak yang cukup berarti baru akan muncul pada kondisi susah makan yang berat dan lama.


Salah satu hal yang bisa menjadi penyebab anak susah makan 4.5 5 Unknown Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum  -  Cara mengatasi anak susah makan ini gampang-gampang susah, diperlukan ketelaten...